profil berkuda2

Hari ini hari Rabu, itu adalah saat yang tepat untuk menyebut hari ini dengan sebutan “Rabu Ceria”. Suasana pagi yang cerah menyelimuti hati yang riang terasa. Akh….semangat sekali hari ini menyaksikan tawa canda murid TK A yang hendak memulai aktivitas dengan penuh kegembiraan. Tema aktivitas di hari ini ialah berkuda. Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Begitu pun dengan salah satu anak muridku yang sangat menggemaskan.

Renzo Exadafa Gibran Al-Ghifari. Ya, dialah muridku yang biasa ku panggil dengan nama Exa. Exa adalah murid TK A dari kelas Al-Jabbar. Hari ini Exa merasakan hal yang sama dengan perasaan teman-teman sebayanya yang lain. Ini bukan kali pertama Exa merasakan sensasi menunggangi kuda. Pada waktu pertama kali merasakan menunggangi kuda, sempat terjadi penolakan pada diri Exa. Exa merasa takut untuk melihat kuda, mendengar suaranya, bahkan belum berani untuk mendekat menyentuh kuda cantik ini. Dialah “Putri”. Kuda betina ini bernama Putri. Exa menangis ketika Putri mulai memperhatikannya. Dengan dorongan motivasi dariku selaku guru shadownya dan juga dukungan dari guru dan teman-temannya yang lain, Exa pun mau mencoba untuk berdekatan dengan kuda betina tersebut.

Dengan tidak patah semangat, pada kesempatan kedua kali ini, Exa berhasil membelai kulit lembut kuda putri tersebut bahkan hingga duduk tenang dan bersiap untuk menunggangi si Putri dengan di bimbing pula oleh personil pelatih kuda yang senantiasa handal dan sabar membimbing anak-anak yang lain. Perlahan namun pasti, ya….tidak terdengar suara rintihan penolakan yang keluar dari bibir manis Exa. Semua telah terganti dengan senyum dan tawa penuh keceriaan. Kami yang menyaksikan awalnya merasa kaget tak percaya melihat ekspresi Exa yang berubah menjadi keberanian yang membahagiakan. Exa berani melawan rasa takut yang ada pada dirinya untuk memberikan jawaban yang pasti bagi kita semua yang menyayangi Exa.

Sang “Putri” mulai berjalan mengitari lapangan rumput sekolah dengan Exa yang duduk manis menungganginya dengan penuh rasa keceriaan. Tampak jelas dari raut wajahnya terlihat tawa yang menggemaskan. Exa dapat melakukan aktivitas berkuda dengan tuntas. Tetap semangat Exa, semoga hari demi hari selalu ada perkembangan yang lebih baik bagi dirimu. Hari ini, Exa telah berusaha membuktikan bahwa sebuah ketakutan dapat kita ubah menjadi sebuah keberanian. Banyak hal lain yang masih akan Exa jelajahi untuk menemukan jiwa kemandirian serta keberaniannya. Semua hal itu akan selalu Exa coba dengan bimbingan dan dukungan kehangatan dari guru serta teman-temannya yang lain. Akh…..suatu pengalaman yang tidak dapat dilupakan.  Mailinda HS 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *