Sekolah Alam Kebun Tumbuh Depok

Screenshot_6

 

Kamis (9/11), seluruh siswa SD kelas dua sekolah alam kebun tumbuh tampak bersemangat. Setiap siswa masing-masing membawa binatang atau hewan peliharaannya. Ada yang membawa kucing, ayam, burung, ikan, kura-kura, marmut, kelinci, dsb.

Halaman sekolah dan kelas di sulap menjadi kebun binatang mini (mini zoo). Tetapi ada pemandangan yang berbeda di mini zoo SD sekolah alam kebun tumbuh kali ini karena seluruh siswa kelas dua turut berpartisipasi agar kegiatan ini berjalan dengan baik. Ada yang bertugas sebagai pemandu wiasata cilik, pemandu hewan mamalia, pemandu hewan pisces, pemandu hewan aves, pemberi pakan, dan petugas penjaga tiket. Mereka menjalani tugas dengan penuh semangat dan ramah.

Pengunjung kebun binatang ini pun beragam mulai dari kelompok Belajar (KB), play group, TK, dan SD turut serta meramaikan kegiatan “mini zoo” ini. Mereka dikenakan tarif biaya masuk (tiket) Rp. 2.000 rupiah per-anak. Sebanyak 154 tiket pun habis dan ludes terjual dalam waktu singkat.

“ Teman-teman ada yang udah tahu belum hewan apa aja yang disebut di dalam Al-qur’an? Kalo yang belum tahu aku kasih tahu yah, ada semut, gajah, unta, burung, laba-laba, lebah, sapi betina dan anjing. Ok temen-temen semoga kalian seneng berkujung ke mini zoo kita.” Kata Resya murid SD kelas dua dengan ramah kepada pengunjung saat menjalani tugas sebagai pemandu wisata cilik

Adapun tujuan dari terselenggaranya kegiatan ini adalah: yang pertama sebagai bahan edukasi untuk anak agar mereka lebih memahami teori yang disampaikan di kelas mengenai jenis-jenis hewan beserta habitatnya. Selain itu juga untuk mengasah potensi sosial  dan emosi anak, stimulasi motorik saat mereka memberi makan pada hewan dan lain sebagainya. Tujuan yang kedua adalah sebagai media pencarian dana untuk kegiatan “Outing Class” ke pulau seribu. Di sekolah alam kebun tumbuh ini selalu menanamkan nilai-nilai budi pekerti pada anak sejak dini, Seperti berusaha, kerja keras, berfikir kreatif dan inovatif serta mandiri untuk mendapatkan sesuatu yang mereka butuhkan dan inginkan. Melalui hasil dari penjualan tiket pada kegiatan mini zoo ini mereka dapat menabung untuk kegiatan Outing Class di pulau seribu. (ris/FasilitatorSAKT)

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *